Tukang Jajan Keliling : Cilor dan Cilok

Halo foodie mania! Saya Nabila Putri Assyifa hadir kembali meliput informasi jajanan sore untuk wiskul di Jakarta! Khususnya untuk para pembaca yang tinggalnya di daerah Jakarta Selatan ya…. Hehe
Jadi kemarin saya sedang jalan-jalan lagi sekitaran daerah cipete, fatmawati bersama teman saya. nah, kami berdua ini suka sekali menyusuri jalanan cipete karena disini banyak sekali tempat makan yang enak. Nah, biasanya, rutinitas kami kalau sedang jalan pastinya kita akan membeli cilor, cilok, dan juga pentol tusuk! Cuman karena kemarin lagi tidak ada pentol tusuknya, jadi saya cuman membeli cilok dan cilor.
Lokasi cilor dan cilok ini berada di cipete dekat sekolah Prancis dan berada di depan gereja. Kalian akan dengan mudah menemukan abang yang jualan cilok dan cilor ini, kok. Jangan khawatir guys!

Pada tau kan pasti foodie mania apa itu cilok dan cilor? Kedua bmakanan itu adalah jajanan pinggir jalan yang biasanya dijual di dekat-dekat sekolahan terutama SD dan SMP. Nah okay yang masih belum familiar mendengar makanan tersebut, saya jelaskan satu-satu ya seperti apa dan bagaimana wujud mereka.

jadi cilok ini kepanjangannya adalah aci di colok yang dimana berbentuk bulet-bulet dan kenyal. Dalam ciloknya itu biasanya bervariasi, suka ada daging ayam, atau abon gitu.. rasanya gurih sekali. Nah cilok ini punya bumbu pelengkap yaitu bumbu kacang, saos sambal, kecap dan bubuk cabe. Tapi saya pribadi saya kurang menyukai bumbu kacang sehingga kalau saya beli cilok tidak pernah memakai bumbu kacang.
Cilok

Sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial dari cilok yang saya beli disini. Cilok mudah sekali ditemukan di kawasan sekolah-sekolah maupun di pinggir jalanan.

Nah, cilor di cipete ini menurut saya ter the best pake banget! Rasanya juga pas banget dan bikin nagih. Jadi sebenarnya cilor itu kepanjangannya adalah aci pakai telor. Cilor ini dijual bersamaan dengan macaroni alias kalau disebut itu namanya maklor. Saya lebih suka maklor sih ya daripada cilor karena saya pribdi suka macaroni. Tapi banyak juga kok yang lebih suka cilor dibanding maklor, apalagi jika cilornya digoreng sampai kering, benar-benar garing dan enak rasanya! Si abang-abang cilor nya menaruh bumbu yang pas sehingga tidak terasa terlalu asin dan tajam juga guys, jadi paaasss banget.

Cilor
Oke, segini dulu ya foodie mania untuk review jajanan sore kali ini! Ditunggu post-an selanjutnya untuk next week saya akan explore lagi wisata kuliner alias wiskul Jakarta.

Saya si Tukang Jajan, Nabila Putri Assyifa, sampai jumpa lagi di minggu depan!








Comments

Post a Comment

Popular Posts