Tukang Jajan: Kedai Ketan Susu

Halo, saya Nabila Putri Assyifa

Sengaja saya membuat blog ini karena memang dikhususkan untuk pelengkap tugas kuliah saya. Akhirnya pun saya memutuskan untuk mengisi blog saya tentang wisata kuliner di Jakarta yang dimana saya akan mereview jajanan tradisional maupun cemilan nusantara yang ada di wilayah Jakarta ini!

Sebuah kehormatan postingan pertama ini saya persembahkan kepada Kedai Ketan Susu Cilandak! Yay! 

Jadi ceritanya saya mau jalan-jalan wiskul Jakarta cari jajanan sore untuk mengganjal perut saya sebelum makan malam, dan kebetulan saat itu saya sedang berada tidak jauh dari daerah Cilandak. Saya pun teringat oleh kakak saya pernah menyebut-nyebut ada kedai yang tempatnya enak dan cozy banget dan menjual ketan susu. Oke, saya pun memutuskan utntuk langsung melaju ke kedai tersebut.
Kedai ini berlokasi di Jl. Cilandak Tengah No.3, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Kedai Ketan Susu Cilandak
Begitu sampai disana, saya terkesima dengan tempatnya yang menurut saya asri dan terkesan rumah, karena memang bentuknya seperti rumah dan dikelilingi banyak tanaman dan pohon. Tempat ini bisa dibilang sederhana dan jauh dari kata mewah untuk ukuran tempat nongkrong di Jakarta yang super modern ini, namun kedai ini bisa membawa kenangan yang bagus kepada pelanggannya yang berkunjung kesana.

Saat saya memasuki kedainya, saya bisa melihat konsep kedai ini lebih ke outdoor karena ruangan indoor nya lebih kecil dibandingan tempat outdoor, sekitar hanya ada 3 sampai 4 meja saja. Saya pun memilih duduk di tempat yang outdoor karena memang lebih ramai disitu dan saya merasa akan lebih dapat feel-nya. Hehehe…
area outdoor

ruangan indoor

Selanjutnya, saya diberi menu oleh pelayannya disana dan karena saya hanya ingin ngemil dan juga mencicipi menu andalannya, saya pun memesan ketan susu durian namun sayangnya kata mas-masnya duriannya lagi kosong. Akhirnya saya pun memesan ketan susu srikaya dan juga minumannya Es Teh Sere Wangi. Kata mas-masnya, minuman itu minuman andalan mereka dimana sebenarnya minumannya tidak ada unsur teh nya sama sekali melainkan sari daun sereh yang dicampur dengan daun pandan.  Dan penyajiannya lebih nikmat jika diminum dingin-dingin katanya sih. Oh iya, menu disini bukan hanya menjual ketan susu saja, tapi juga berbagai jajanan nusantara lainnya dan makanan berat seperti nasi burih, pempek, dll. Harga yang ditetapkan disini juga relatif murah sehingga untuk para pencari jajanan wiskul Jakarta yang harganya affordable, bisa langsung cus ke sini. 


Setelah menunggu selama kurang lebih 10 menit, kedua pesanan saya datang. Minumannya ternyata berwarna bening dan saat saya menyeruput es teh sere wangi tersebut rasanya manis-manis pandan dan beraroma wangi. Pokoknya minuman ini sangat menyegarkan sekali. 

Es Teh Sere Wangi - 18K
Sedangkan untuk ketan susu srikaya-nya, saya kira ketan susu ini dihidangkan dalam porsian mangkuk sedang. Namun nyatanya, porsi untuk ketan susu ini kecil, bahkan menurut saya lebih besar mangkuk nasi daripada mangkuk ketan susunya. Tapi saya tidak terlalu kecewa karena saat saya mencicipi sesendok ketan susu srikaya tersebut, rasanya enak sekali. ketannya lembut, gurih, dan manis. Rasa srikayanya juga sangat pas di lidah, lembut dan manisnya sangat pas di lidah saya, pokoknya pas deh!
Ketan Susu Special (Srikaya) - 25k

Overall, review saya tentang makanan disini 4/5 deh. Tempatnya sungguh nyaman sekali pewe se pewe-pewenya. Enak buat nongkrong, nugas, makan bersama keluarga, atau meeting kerjaan. Harganya juga relatif murah kok gak terlalu mahal namun juga tidak memasang harga yang murah sekali. Untuk makanan juga enak banget! cuman porsi ketan susu nya kurang besar aja sih.. hehe

Sampai sini dulu ya untuk review Jajanan Sore kali ini. Saya si tukang jajan keliling Nabila Putri Assyifa, maaf bila ada kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dihati dan sampai jumpa lagi di post-an selanjutnya ya, foodie mania!

Comments

Post a Comment

Popular Posts